Posted by : trihandoyo Selasa, 16 April 2013


DESKRIPSI  SANITASI  LINGKUNGAN

          Kontrakan gang IX B Pedurungan Tengah Ganesha Mukti

Dalam bertempat tinggal kita tidak terlepas dari tata lingkungan rumah tinggal atau yang sering disebut sanitasi lingkungan. Sanitasi lingkungan yaitu kesehatan suatu lingkungan yang mencangkup perumahan, pembuangan kotoran, penyediaan air bersih dan lingkungan yang bersih. Seperti halnya ditempat saya tinggal yakni di kontrakan gang IX B ganesha mukti Pedurungan sudah memenuhi kriteria yang masuk dalam sanitasi lingkungan.

Dimulai dari kegiatan pembuangan sampah pada tempatnya dilakukan setiap kali menjumpai sampah, pengurasan bak mandi setiap  hari  selalu dilakukan sebab tidak tersedianya bak penampungan air permanen melainkan hanya dari bak ember plastik, membersihkan kamar setiap pagi, menyapu  masih selalu aktif dilakukan oleh anggota kontrakan.

Sedangkan dari faktor luar yang diantaranya meliputi lingkungan sekitar kontrakan yang lumayan bersih, masyarakat sekitar selalu menjaga kebersihan lingkungan serta membuang sampah pada tempatnya sehingga lingkungan kelihatan bersih. Dari beberapa ulasan tadi dapat  disimpulkan bahwa tempat tinggal saya memenuhi syarat lingkungan yang sehat, diantaranya adalah:
1.                       
    Kondisi rumah tinggal yang sehat
          Kesehatan dari rumah tinggal dapat berupa atap terbuat dari genteng, ventilasi udara cukup, lantai terbuat dari keramik, dinding terbuat dari tembok, dsb.
2.     
 Lingkungan sekitar yang bersih
Hampir semua warga sekitar selalu menjaga kebersihan lingkungan, membuang sampah pada tempatnya
3.     
 Penyediaan air bersih
Bak kamar mandi selelu dikuras setiap hari sekali sebab tidak tersedianya bak yang cukup lebar dan permanen sehingga air dalam bak yang terbuat dari plastik akan habis seiring banyaknya orang yang menggunakan air untuk mandi atau buang air.
4.     
 Pembuangan sampah pada tempatnya
Pembuangan sampah dilakukan setiap kali menjumpai sampah, dikumpulkan menjadi satu dan dibuang pada tempatnya dan secara berkal akan dihampiri oleh petugas pengambil sampah yang disediakan oleh kompleks perumahan dengan membayar retribusi setiap bulannya.
 ...................................................................................TRIHANDOYOPENGGING......

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

Popular Post

Followers

- Copyright © 2013 MEDICAL LABRORATORY -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -